Artikel berjudul “The Implementation of Islamic Religious Guidance Classes Among Mualaf During the COVID-19 Pandemic Season” yang ditulis secara kolaboratif bersama tim penulis dari UTHM dan Dr. Ubaidillah, M.Hum., yang diterbitkan di Journal of Techno-Social (JTS): Artikel ini membahas implementasi kelas bimbingan agama Islam bagi mualaf selama masa pandemi COVID-19, dengan fokus pada pendekatan yang digunakan untuk tetap melaksanakan pembelajaran agama secara efektif meskipun ada pembatasan sosial. Artikel ini menyajikan analisis tentang tantangan dan solusi yang dihadapi dalam menyelenggarakan kelas agama Islam bagi mualaf di tengah situasi pandemi. Penulis juga mengulas bagaimana teknologi dan inovasi pendidikan digunakan untuk menjaga kesinambungan pembelajaran agama di kalangan mualaf, serta dampak dari pelaksanaan kelas ini terhadap pemahaman agama mereka.
Poin Utama yang Dibahas dalam Artikel:
- Implementasi Kelas Bimbingan Agama Selama Pandemi: Artikel ini mengkaji bagaimana kelas bimbingan agama Islam bagi mualaf dapat dilaksanakan di tengah pembatasan akibat COVID-19. Pembelajaran online dan penggunaan teknologi menjadi salah satu solusi yang dibahas untuk memastikan mualaf tetap memperoleh bimbingan agama yang sesuai dengan ajaran Islam.
- Tantangan yang Dihadapi dalam Pembelajaran Agama: Penulis juga mengidentifikasi tantangan-tantangan yang dihadapi oleh para mualaf dan pengajar dalam melaksanakan pembelajaran agama secara daring. Beberapa tantangan termasuk keterbatasan akses teknologi, kendala dalam memahami materi secara online, dan kurangnya interaksi sosial yang mendalam.
- Solusi dan Inovasi dalam Pembelajaran Agama: Dr. Ubaidillah bersama tim dari UTHM juga mengulas bagaimana solusi dan inovasi diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut, seperti pemanfaatan platform-platform digital yang lebih mudah diakses, pengembangan modul pembelajaran interaktif, serta adaptasi metode pengajaran yang dapat menjangkau mualaf secara efektif.
- Dampak Kelas Agama terhadap Pemahaman Agama Mualaf: Artikel ini menilai bagaimana bimbingan agama yang dilaksanakan selama pandemi dapat mempengaruhi pemahaman agama Islam oleh mualaf, serta bagaimana mereka dapat menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari meskipun dalam kondisi yang penuh tantangan.
Artikel ini memberikan kontribusi penting dalam studi pengajaran agama Islam bagi mualaf di masa pandemi, serta menunjukkan bagaimana pembelajaran agama dapat tetap berlanjut melalui teknologi dan inovasi meskipun di tengah krisis kesehatan global. Dengan diterbitkannya artikel ini, diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas tentang bagaimana pendidikan agama Islam bagi mualaf dapat diselenggarakan secara efektif di masa pandemi. Artikel ini juga menjadi sumber inspirasi bagi pengembangan metode pembelajaran agama di masa depan, terutama dalam menghadapi tantangan global seperti pandemi.
Link Artikel:
The Implementation of Islamic Religious Guidance Classes Among Mualaf During the COVID-19 Pandemic Season